BAN-PT Menyebutkan Dari 4.500 Perguruan Tinggi Baru 68 Perguruan Tinggi Terakreditasi A

 

JAKARTA - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyebutkan dari sekitar 4.500 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, baru ada 68 perguruan tinggi yang terakreditasi A.

Pada saat ini, perguruan tinggi yang sudah terakreditasi baik itu A, B maupun C baru sekitar 1.500 perguruan tinggi," ujar Direktur Eksekutif BAN-PT, Prof T Basaruddin, di Jakarta.

Sementara, Basaruddin menjelaskan bahwasannya, sedikit perguruan tinggi yang terakreditasi A dikarenakan pihaknya menggunakan instrumen yang didasarkan pada kriteria. Untuk mendapatkan akreditasi A, maka nilai yang harus diraih sekitar 331 ke atas.

Dan ada beberapa hal yang menjadi kelemahan di perguruan tinggi, yakni masalah manajemen atau tata kelola, sumber daya manusia dan terkait riset serta pelayanan, ujarnya.

Dari itu, BAN-PT melakukan perubahan sistem penilaian akreditasi perguruan tinggi yang sebelumnya dilakukan secara umum menjadi lebih sederhana dan spesifik. Adapun, Instrumen penilaian akreditasi yang baru, atau versi 3.0 tersebut menekankan pada hasil dan diferensiasi misi dalam pengelolaan perguruan tinggi.

Diharapkan pada, "Instrumen yang baru ini akan lebih pas memotret kualitas sehingga perguruan tinggi yang status dan mutunya bagus tentu akan lebih menyukainya.".

Adapun, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Ainun Naim mengatakan bahwasannya, pihaknya ingin semua perguruan tinggi dapat terakreditasi, namun semuanya terkendala pada anggaran.

Tambah Ainun, Untuk "Ke depannya, kami berharap adanya kontribusi dari masyarakat, karena tidak semua akreditasi bisa ditanggung negara. Sehingga proses akreditasi institusi ini bisa dilakukan pada banyak perguruan tinggi.

Ujar Aam Bastaman, sebagai Rektor Universitas Trilogi mengaku, optimistis dalam waktu dekat kampus yang dimotorinya akan bisa meraih akreditasi A. Pada Saat ini, kampusnya masih berakreditasi B.

Namun, Untuk mencapai akreditasi A, semua unit akan terus berupaya dengan lebih optimal, agar dari standar yang ada di antaranya, yang terkait tata pamong, kemahasiswaan, kurikulum, penelitian, pengabdian dan kerjasama bisa terus meningkat, tambah Aam.

KIRIM EMAIL ANDA KE :
kampusindo@gmail.com
Twitter
Facebook
VIDEO