Peneliti IPB Menciptakan Bahan Kosmetik dari Rumput Laut Tropika dan kolagen ikan ekor kuning

 

JAKARTA - Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Nurjanah, Dr. Mala Nurilmala, Asadatun Abdullah M.Si, Prof. Dr. Tati Nurhayati dan Taufik Hidayat M.Si melakukan sebuah riset untuk mengembangkan bahan baku rumput laut tropika dan kolagen ikan ekor kuning sebagai industri kosmetika alami. Tim peneliti dari Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP),

Jika dilihat dari Gaya hidup saat ini, back to nature semakin masif di industri kosmetik. Berbagai bahan alam telah banyak dieksplorasi kandungan bioaktifnya untuk menghasilkan kosmetika alami. Dan untuk informasi sumber kolagen biasanya diambil dari sapi dan babi, namun dengan munculnya kasus beberapa penyakit pada sapi dan pandangan agama tertentu menyebabkan konsumen ragu dan lebih selektif dalam memilih bahan kosmetik. Hal ini mendasari tim peneliti IPB untuk memilih bahan dasar alami lainnya.

Sementara itu, Prof. Nurjanah mengatakan, ia dan timnya menggunakan produk kosmetik berbahan dasar rumput laut tropika yang nantinya dapat menjadi alternatif sebagai kosmetik alami. Rumput laut mengandung komponen bioaktif yang baik untuk kesehatan kulit yaitu florotanin, vitamin E, dan asam lemak.

Juga “Ikan ekor kuning mudah ditemukan dipasaran. Setelah dilakukan riset, ternyata hasil rendemennya bagus," dikutip dari okezone.com, Rabu (25/4/2018).

Tambahnya, bahwa timnya memilih tiga jenis rumput yaitu Sargassum, Euchema cottonii dan Turbinaria. Di dalam “Kandungan bioaktif dan antioksidan ketiga berada pada kategori kuat dan sedang. Produk penelitian dari tim peneliti ini adalah lipbalm dan tabir surya (sunscreen),” jelas Nurjanah.

Dan terakhir ia menuturkan, setelah rangkaian pengujian produk yang ia dan timnya lakukan, krim tabir surya hasil kombinasi rumput laut Euchema cottonii dan Turbinaria adalah hasil yang terbaik. “Dan untuk lipbalm dikombinasikan dari E. cottonii dan Sargassum. Produk kosmetik krim tabir surya dan lipbalm yang dihasilkan memiliki nilai Sun Protecting Factor (SPF) yang baik bagi kulit,” pungkasnya. 

KIRIM EMAIL ANDA KE :
kampusindo@gmail.com
Twitter
Facebook
VIDEO