UI Kembangkan Produksi Bus Listrik

 

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) Kerja sama antara perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dan industri terhadap hasil riset yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Berdasarkan informasi dari Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Jumat (29/6/2018), nota kesepakatan kerja sama telah ditandatangani oleh Rektor UI Muhammad Anis, Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moekmin dan Dirut PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Abdulbar M Mansoer di Ruang Apung Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis 28 Juni 2018.

Kampus UI telah mengembangkan teknologi transportasi berupa bus dan mobil listrik. Tim Riset Mobil Listrik UI atau Tim Mobil Listrik Nasional UI telah meluncurkan Molina UI-EV Bus.

Molina UI-EV Bus adalah bus listrik yang merupakan hasil riset dan sudah siap dikomersialisasi. Bus ini bersifat ramah lingkungan dan hemat energi, dan siap untuk dipasarkan guna turut meramaikan industri otomotif di Indonesia dan merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan dan dipromosikan.

Pengembangan bus listrik ini sejalan dengan tren kendaraan masa depan, yaitu kendaraan dengan konsep hemat energi dan ramah lingkungan. Di sisi lain dengan pengembangan bus listrik ini UI turut serta dalam program pemerintah yaitu menurunkan emisi sebesar 29% pada tahun 2030.

Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan semakin banyak industri atau perusahaan yang akan memesan kendaraan listrik buatan UI.UI menyatakan terus melakukan inovasi dan pengembangan bus listrik. Tidak hanya dari segi kendaraan tapi juga beberapa hal yang mendukung operasionalisasi bus listrik seperti pabrikasi, charging station dan after sales service.

UI mengakui dukungan dari pemerintah dan industri sangat diperlukan sehingga kepercayaan dari masyarakat dan industri serta pemesanan mobil listrik nasional buatan UI akan meningkat serta UI berperan serta dalam berkembangnya industri otomotif di Indonesia.

Sekadar informasi, Kampus UI berada di atas lahan seluas sekitar 320 hektare. UI berusaha hanya memanfaatkan 25% dari luasan tersebut untuk kegiatan akademis dan berkomitmen menjaga 75% dari lahan kampus tersebut agar tetap hijau dengan fungsi sebagai hutan kota serta melestarikan keberadaaan tujuh danau di sekitarnya sehingga ekosistem di lingkungan kampus tetap terjaga keseimbangannya, serta mendukung visi UI sebagai green campus.

KIRIM EMAIL ANDA KE :
kampusindo@gmail.com
Twitter
Facebook
VIDEO