Bertanya Mahasiswa Pada Om Google

Bertanya Mahasiswa Pada Om Google

Apa sebab kita keranjingan internet saat ini? Kenyataannya pada saat ini google sangat populer utuk mencari informasi terutama bagi kita kalangan mahasiswa yang sibuk dengan tugas-tugas. Banyak alasan yang menyebabkan kita suka mencari informasi lewat google daripada harus membaca buku di perpustakaan.

Mencari informasi lewat google waktu yang dibutuhkan relatif singkat, informasi yang didapat bisa lebih dari satu, bisa di copy paste, dan bisa diakses dimana saja. Padahal jika mencari bahan kuliah di perpustakaan mungkin akan menyita waktu cukup lama untuk mencarinya.

Namun, apa yang ada di dalam buku tersebut bisa dipertanggungjawabkan isinya. Dapat dikatakan nilai kebenarannya mencapai 99%.
Kebiasaan mencari bahan dengan google ini nampaknya seperti makanan sehari-hari kita. Rasanya untuk beralih ke buku-buku yang ada di perpustakaan sudah sulit untuk saat ini. Saat mengerjakan tugas kita sering langsung mengambil dari blog orang dan copy paste. Hanya dengan waktu ± 15 menit tugas langsung bisa diprint. Terkadang kita terpikir sampai kapan kita harus seperti ini?

Padalah buku memiliki kelebihan yang banyak dibandingkan dengan google. Kelebihan buku antara lain informasi yang diberikan jauh lebih akuarat, isinya bisa dipertanggungjawabkan, informasi yang diberikan juga jauh lebih banyak, sambil kita membaca dan mencari bahan-bahan dapat menambah referensi materi, bahasa yang digunakan lebih mudah dipahami, dan buku tidak memberikan kontribusi terhadap kerusakan mata akibat terlalu banyak melihat layar komputer atau laptop.

Dulu orang yang banyak buku bisa disebut sabagai kutu buku, pintar karena suka membaca. Tapi untuk orang yang suka mencari informasi lewat google kita belum tahu. Buku sebagai gudang ilmu dan buku sebagai jendela dunia seakan kita sudah melupakan istilah itu karena datangnya om google, kita disulap menjadi manusia yang pemalas.

Kebiasaan copy paste (kopas) mengambil tulisan orang tidak ada hukum ataupun undang-undang yang mengaturnya namun mengambil tulisan orang bisa merendahkan nilai dari usaha penulis. Sama halnya dengan pacar kita berselingkuh dengan orang lain karena hubungan kita belum ada dasar hukumnya. Jadi, apabila kita hobi mengambil tulisan orang, maka kita tidak boleh marah apabila pacar kita diambil orang.
Tidak ada yang melarang kita menggunakan segala kenyamanan yang diberikan oleh google, namun yang perlu kita ingat bahwa kita harus bisa menimbang mana yang harus kita gunakan pada suatu waktu antara buku dan google.
Jadi, mari kita mulai kembali pada buku sebagai referensi materi dari tugas-tugas kuliah kita dan kita tidak perlu khawatir, karena buku tidak selalu harus dibeli untuk mendapatkannya.

Ihsan Hadi-Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat

NAMA : IHSAN HADI
NPM     : 09080174
SESI      : E