Kuliah Di Swasta, Kenapa Harus Malu

Kuliah Di Swasta! Kenapa Harus Malu?

Di sebelah kamar kosku! Kudengar mereka sedang berbincang-bincang tentang sesuatu yang belum pasti terdengar oleh telingaku, kemudian dengan rasa penasaranmaka kudengarkan dengan seksama apa yang menjadi perbincangan mereka, dan ternyata mereka sedang membicarakan tentang status perkuliahan mereka.

Semakin pasti kudengarkan perbincangan mereka dan salah satu dari mereka ada yang mengungkapkan bahwa dia malu kuliah di kampus swasta. Hal ini membuatku kecewa dan langsung saja saja kuhentikan pendengaranku dari perbincangan mereka, karena pada saat itu statusku juga kuliah di swasta.

Inilah yang saat ini sangat marak terjadi di kalangan mahasiswa, bagi mereka yang kuliah di swasta kebanyakan mereka malu dan tidak mau mengakui bahwa mereka sedang kuliah di kampus swasta. Hal ini disebabkan karena mereka menganggap bahwa kampus yang berstatus swasta memiliki kualitas yang rendah, baik dari segi fasilitasnya maupun dari struktus kependidikannya.

Padahal, menurut saya swasta atau negri itu bukan jaminan keberhasilan, karena banyak juga kita temui orang-orang yang lulusan kampus negri tidak semuanya berhasil dan begitu pula orang-orang yang kuliah di swasta kebanyakan malah berhasil.

Dari beberapa keterangan di atas tadi kita dapat menarik kesimpulan bahwa janganlah pernah kita malu memiliki kampus swasta, karena pada dasarnya bukanlahswasta atau negri yang menentukan keberhasilan kita melainkan kesungguhan dan percaya diri itu kan lebih menunjang keberhasilan kita. (Hendra Mawardi/10080285).