Nagari Tigo Balai Mendapatkan Sosialisasi Ekoenzim

192
Dr.Henny Herwina melakukan pengenalan ekoenzim kepada masyarakat di Jorong Tigobalai, Matur, Kabupaten Agam

Manfaatkan Sampah Dapur, UNAND Nagari Tigo Balai Adakan Sosialisasi Ekoenzim Berjuta Manfaat di Kenagarian Tigo Balai

Oleh: Azizah Rahma Tita & Joy Prima

Agam, .com dari (UNAND) membuat suatu inisiatif luar biasa di lokasi. Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Ekoenzim Berjuta Manfaat”. Kegiatan yang digelar pada tanggal 13 Agustus ini berhasil menciptakan dampak positif di tengah masyarakat. Sosialisasi merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat, tentang pentingnya pemanfaatan sampah dapur dan lingkungan, di Jorong Taruyan, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, .

Kegiatan ini atas kerja sama Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. , dan mahasiswa KKN UNAND yang berbasis di Kenagarian Tigo Balai. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan konsep ekoenzim. Ekoenzim (EE), sebuah senyawa alami yang memiliki kemampuan luar biasa dalam mendekomposisi dan mengurai sampah organik, hadir sebagai solusi inovatif dalam mengelola sampah dan memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitar.

Dr. Henny Herwina memberikan informasi cara membuatnya menggunakan bahan-bahan sehari-hari yang umumnya tersedia sebagai sampah dapur secara efisien dan menghasilkan pupuk organik yang ramah lingkungan. “Cairan ekoenzim memiliki sejuta manfaat, seperti pembersih kaca, pembersih luka, hand sanitizer, bahkan limbahnya dapat menjadi pupuk organik yang dapat meningkatkan kehidupan mikroba di tanah serta kegunaan lainnya,” jelas Henny, yang juga dosen di itu.

Ramli, salah seorang peserta sosialisasi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kami belajar bagaimana mengelola sampah dapur dengan lebih baik dan membantu menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Ramli.

Zikri, ketua kelompok KKN UNAND Nagari Tigo Balai, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar dan memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah dapur secara lebih efektif. “Kami berharap melalui sosialisasi ini, kami dapat mendorong perubahan positif dalam cara masyarakat mengelola sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ucap Zikri.

Mahasiswa, dosen pembimbing dan masyarakat berfoto bersama

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Kenagarian Tigo Balai untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kerjasama yang erat antara kelompok KKN, dosen, dan masyarakat, harapannya pesan penting tentang pengelolaan sampah dan perlindungan lingkungan akan semakin luas tersebar dan mampu menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan. (*)