Pusat Studi Lingkungan Hidup ITB

by

in

Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) ITB didirikan pada tahun 1979 sebagai salah satu pusat pembelajaran lingkungan di Indonesia. Pada tahun-tahun awal, pembentukannya bertujuan untuk memperkuat pembangunan institusi-lingkungan di Indonesia bersama dengan pembentukan Menteri Lingkungan di Indonesia pada waktu tersebut.

Selanjutnya, pusat ini terlibat dalam banyak aktivitas yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan, yaitu masalah lokal, regional, dan global. Program-program dan aktivitas dari pusat ini termasuk Riset dan Studi Lingkungan, training dan kelas singkat mengenai Penilaian Dampak Lingkungan (EIA), Audit Lingkungan, Analisa Masa Hidup Produk, Konsultasi Proyek Lingkungan, Persiapan Dokumen EIA, Pengetahuan Lingkungan, dll.

Dan juga, pusat ini memiliki peran untuk mengintegrasikan riset antar disiplin ilmu lingkungan di ITB.

Pusat ini memiliki sejarah kolaborasi yang panjang, yaitu institusi lokal atau asing, juga dengan agen pemerintahan atau perusahaan swasta.

Projek & Riset
2022
Sanitasi Berkelanjutan untuk Kelompok Marginal di Kawasan Timur Indonesia. 2022. (Bekerjasama dengan ITB, Universitas Udayana, UGM, SIMAVI dan mitra lainnya, didanai oleh Sanitation Learning Hub, UK)

Limbah Farmasi Rumah Tangga di Lingkungan Perairan : Analisis DPSIR. 2022.(Bekerjasama dengan ITB dan Radboud University/DELTARES)
Karakterisasi Emisi Gas dan Partikulat dari Co-firing Batubara, Limbah Pertanian, dan Refuse Derived Fuel. (Bekerja sama dengan BRIN dan Teknik Mesin ITB)
Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Kualitas Udara di Kawasan Urban dan Suburban di Indonesia. (Bekerjasama dengan BRIN, BMKG, York University, dan Itera)
Paparan Personal PM2.5 dan CO di Megacity Jakarta. (Bekerjasama dengan Universitas Tokyo dan Teknik Lingkungan ITB)
2023
Co-organizer acara Indonesia Symposium of Water, Sanitation, and Hygiene 2023

Pelatihan
AMDAL
Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup yang diadakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup ITB

Webinar
Mini Training

PARTNER PSLH ITB
PSLH ITB memiliki sejarah kerjasama yang panjang dengan institusi dalam maupun luar negeri, instansi pemerintah, maupun perusahaan swasta.

BADAN INTERNASIONAL
US-AID, UNEP, UNDP, UNCRD, CIDA Canada. ISS the Netherlands, Ford Foundation, ILO, IBRD, World Bank, Sasakawa Foundation – Japan, GTZ Germany, University Consortium the Environment (UCE) Canada, etc.

INSTANSI PEMERINTAH
Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, serta berbagai pemerintah daerah di Indonesia,

PERUSAHAAN SWASTA
PT Pertamina, PT. Pupuk Iskandar Muda, PT Mobil Oil, PT. CPI, PT. Freeport Indonesia, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., NGOs etc.