Solusi Belajar, Amadeo Yesa, Peraih Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia

Jawa Timur, Kampusindo – Amadeo Yesa yang berhasil mendapatkan mendapatkan nilai sebesar 827,94 dan menempatkannya pada peraih nilai tertinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) se-Indonesia dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023. Ia sekarang menjadi mahasiswa baru Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan.

Berbicara mengenai persiapannya untuk menghadapi tes SNBT di tahun ini, Deo menyampaikan bahwa ia merutinkan belajar setiap harinya. Selain itu, alumnus SMA Katolik Rajawali Makassar tersebut mengaku melakukan banyak latihan soal. “Saya lebih senang belajar sedikit demi sedikit namun kontinyu dibanding dengan belajar banyak tapi hanya sekali,” papar Deo, seperti dilansir oleh Humas ITS.

Mengulik mengenai substansi tes UTBK yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pemuda berkacamata tersebut mengaku tidak menemui kesulitan. Dari beberapa tes yang diujikan, Deo berhasil unggul pada kategori subtes Penalaran Matematika dengan raihan nilai sebesar 952,23.

“Kebetulan karena saya memang suka mata pelajaran matematika sejak dulu,” ungkap putra pasangan Dr Piters Djajakustio SH MH dan Dr Werdiningsih SH MKn MH ini.

Saat ditanya mengenai alasan dari Deo ketika memilih Kampus Pahlawan ini sebagai tempatnya untuk melambungkan mimpi, pemuda 18 tahun tersebut baginya, ITS merupakan satu-satunya kampus yang telah dicita-citakannya sejak kecil.

Ia juga meyakini bahwa jurusan Teknik Informatika ITS merupakan yang terbaik di Indonesia. “Bahkan ketika saya sempat merasa bingung untuk memilih jurusan, saya sudah mantap memilih ITS sebagai kampus tujuan saya, apapun jurusannya,” tandas Deo.

Bagaikan gayung bersambut, perjuangan peraih medali perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kimia itupun akhirnya menemukan jalannya. Meski sempat gagal masuk Departemen Teknik Informatika ITS pada jalur masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Namun hal itu tak menyurutkan tekad Deo untuk menggapai jurusan dan kampus impiannya ini. “Dari kedua jalur tersebut saya mantap menempatkan jurusan saya ini di pilihan pertama dan hanya satu-satunya,” tutur Deo mengesankan. (*)