Tantangan menjadi seorang pendidik

149

Menjadi seorang berarti siap mengahadapi berbagai tantangan. Mau ditempatkan diberbagai daerah termasuk daerah-daerah terpencil serta gaji yang minim menhantui profesi ini. Masih banyak guru yang bekeja sambilan karena harus mencukupi ekonomi keluarga, terutama guru honorer. Ini tantangan yang kelihatan dengan jelas.

Tantangan yang lain adalah guru harus bisa meluluskan anak didiknya. Guru yang tidak bisa meluluskan anak didiknya dianggap sebagai guru yang tidak berkualitas. Kemampuan mengajarnya akan  kalu banyak anak didiknya tidak naik kelas. Ada tantangan lain yag lebih hebat lagi, yaitu berjuang melawan perbedaan dunia sekolah dengan dunia nyata. Guru ditempatkan dalam posisi yang serbaa sulit. Kemungkinan lain guru hanya bisa pasrah.

Kondisi yang dihadapi guru ini bisa melemahkan semangat guru untuk mengajar dengan baik. Fakta bahwa apa yang diajarkan menjadi sia-sia dan bisa membuat guru putus asa.  Kenyataan bahwa apa yang diajarkan bertentangan dengan yang terjadi dimasyarakat akan menurun semangat guru untuk berkarya.

Hal ini akan betambah berat lagi tatkala mereka dihadapkan pada pilihan antara berbuta seperti materi yang diajarkan atau mengikuti kebiasaan yang salah dimasyarakat. Berbuat sesuai  dengan materi yang diajarkan  berarti menempatkan diri pada posisi yang dianggap aneh. Sebaliknya, mengikuti kebiasaa yang salah dikalangan masyarakat akan membuat kredibilitas dan integrasinya akan dipertanyakan.

Menjadi seorang guru yang profesional harus mampu menghadapi tantangan tersebut. Guru seharusnya memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan tugas membimbing, membina dan mengarahkan peserta didik dalam  menumbuhkan semangat keunggulan, motivasi belajar, dan memiliki kepribadian serta budi pekerti luhur  yang sesuai dengan  budaya bangasa Indonesia.

Namun, kita semua mengetahui bahwa begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh seorang guru daalam upaya untuk melakasanakan tugasnya secara profesional dimasa yang akan datang. Guru yang semangat memperjuangkan untuk melewati  tantangan tersebut, maka guru itulah yang berhasil dimata masyarakat bahkan seluruh dunia pun menakui keprofesionalan guru tersebut.

nama : umi hasan

npm : 10080189

sesi : e