Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UIN Imam Bonjol Padang

201
Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang

Unit Kegiatan adalah sebuah wadah yang mengembangkan potensi yang bakat yang dimililiki mahasiswa. Lewat UKM, mahasiswa dapat melatih potensi diri yang dimiliki mahasiswa tersebut.

Namun, tidak semua mahasiswa dapat memilih UKM. Perlu perkenalan tentang masing-masing lembaga tersebut kepada mahasiswa, agar mahasiswa tidak hanya sekedar masuk UKM saja, tapi juga dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Di UIN mam Bonjol , ada 15 UKM. Setiap UKM bergerak sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mahasiswa yang menngikuti UKM, menjadikan UKM sebagai kedua. Di UKM, mahasiswa tidak hanya belajar bagaimana berbicara dan menimpa diri dengan bakat. Di sana, mahasiswa juga belajar bagaimana mengembangkan sifat persaudaraan sesama mahasiswa.

UIN Imam Bonjol digelar acara ekspo UKM. Acara ini memang tidak sekedar memperkenalkan dan mempertunjukan masing-masing UKM. Acara ini menghendaki masing-masing anggota UKM menunjukkan kreativitasnya.

Dalam menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, saat ini memiliki 15 UKM, yaitu:

  1. (Lembaga Penerbitan Pers Mahasiswa), Website : https://suarakampus.com/
  2. Resimen Mahasiswa (Menwa)
  3. UKM Olah Raga
  4. UKM Pecinta Alam Alphicinemmaru
  5. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
  6. UKM Kerohanian Studi Islam (KSI) Ulul Albab
  7. UKM Musik
  8. UKM Beladiri Tarung Drajat
  9. UKM Tapak Suci
  10. UKM Teater Imam Bonjol
  11. UKM Pramuka
  12. UKM KSR PMI
  13. UKM T3Q (Tahsin, Tafsir dan Tahfiz Qur'an)
  14. UKM
  15. UKM HIPMI-PT (Himpunan Pengusaha Muda -)

Dengan adanya Ekspo ini mahasiswa baru tentu lebih paham tentang UKM apa yang akan dipilihnya. Mahasiswa baru pun nantinya tidak hanya menjadikan proses perkulihan sebagai tempat menunutut illmu, tapi juga bisa belajar banyak dari UKM. Mungkin juga belajar bagiamana menempatkan diri, mengembangkan potensi dan belajar berorganisasi.