Akademi Keperawatan YPTK Solok

213
Gedung Akademi Keperawatan YPTK Solok

Dalam rangka berperan serta aktif mendukung program pemerintah umumnya dan bidang kesehatan khususnya untuk pengadaan Tenaga Perawat Profesional, maka Yayasan Pendidikan Tenaga Kesehatan yang disyahkan dengan Akte Notaris Irsal Bakar, SH Tanggal, 28 Maret 1994,  Nomor 15. Akademi Keperawatan YPTK Solok didirikan berdasarkan : SKMentkesRI, No. HK .00.06.112151, tanggal 30 Mei 1994 sedangkan perpanjangan izinnya berdasarkan : (1) SK. Perpanjangan Izin ke  I  No. HK.00.06.1.1.2400, Tanggal, 21 Agustus 1996, (2) SK. Perpanjangan Izin ke  II  No. HK.00.06.1.3.3562, Tanggal, 2 Juli 1998, (3) SK. Perpanjangan Izin ke  III  No. HK.00.06.1.1.028.14, Tanggal, 19 Juli 2002

Akademi keperawatan YPTK Solok pada Tahun Pertama menempati gedung bertempat di Jl. Sekh Kukut Koto Solok. Pada tahun ajaran 2001 / 2002 AKPER YPTK Solok telah menempati gedung sendiri yang dilengkapi dengan ruangan Kuliah, Pustaka, Labor dan ruangan penunjang pendidikan lainnya. Pada tahun 2005 Akademi keperawatan YPTK Solok mendapatkan Izin pengalihan pembinaan dari Departemen Kesehatan ke Departemen Pendidikan Nasional berdasarkan SK No.83/D/O/2005 tanggal, 14 juni 2005. Akademi keperawatan YPTK Solok sudah melaksanakan 15 kali Wisuda, dengan jumlah lulusan 954 orang. Dan sudah bekerja di instansi pemerintahan dan swasta di Sumbar, Riau, Jambi, Jakarta dan Kalimantan juga ada yang keluar negeri yaitu ke Malaysia Arab Saudi dan Kuwait. Kampus AkPER YPTK SOLOK beralamat di jln. DR. AK.Yani Gurun Bagan Kota Solok.

Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan di Kota Solok khususnya dan Sumatera Barat umumnya terhadap Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin, Poliklinik, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Tentara (RST) Solok serta instansi terkait lainnya, masih membutuhkan tenaga keperawatan. Melihat peluang yang ada, besarnya minat masyarakat di Kota Solok dan Kabupaten Solok sekitarnya terhadap pendidikan tinggi kesehatan khususnya Akademi Keperawatan, maka didirikanlah Akademi Keperawatan YPTK Solok .

 

VISI, MISI DAN TUJUAN BERDIRINYA AKPER YPTK SOLOK

VISI; Menjadi Program Studi DIII Keperawatan yang Profesional berbasis Keperawatan Komunitas, kompetitif,  dan terkemuka dalam Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi pada Tahun 2015.

MISI; (1) Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi, (2) Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam aspek keperawatan komunitas, (3) Menyelenggarakan Penelitian sesuai dengan kebutuhan khususnya di bidang Keperawatan Komunitas, (4) Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat sesuai dengan kebutuhan khususnya di bidang Keperawatan Komunitas, (5) Mengelola Program Studi DIII Keperawatan dengan baik dan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu, (6)  Melaksanakan kegiatan kemahasiswaan yang bersifat kokurikuler dan ekstrakurikuler yang kondusif.

TUJUAN; (1) Menghasilkan lulusan DIII Keperawatan sebagai tenaga keperawatan Profesional Pemula dan ahli di bidang Keperawatan Komunitas dan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, (2) Mengembangkan dan meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien sesuai dengan kompetensi, (3) Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berbasis keperawatan komunitas, (4) Meningkatkan pengelolaan administrasi pendidikan dan melakukan perbaikan terus menerus dengan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu, (5) Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan yang berbasis IPTEK dengan bercirikan Keperawatan komunitas, (6) Mencapai keunggulan kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.

Struktur Organisasi

NO JABATAN PERSONIL
1 Direktur H. Syahril, SKM
2 PUDIR I. Afridon, S.Kp
3 PUDIR II H. Mardjunis, SKM
4 PUDIR III Ns. Emeraliza, S.Kep
5 Sie. Pelaksana Akademi
  1. Ns. Netty Herawati, S.Kep

2.      Ns. Sharly Harlina, S.Kep

3.      Ns. Armanda Trimurti, S.Kep

  1. Ns. Centia K, S.Kep
  2. Ns. Vina Rozalinda, S.Kep
6 Sub. Bag. ADM Umum Fakhlidarwan, A.Md
7 Sub. Bag. ADM. Adak Hasymi Rosyadi, A.Md
8 ADM Akademik Kurniati Maya Sari, SKM
9. ADM Mahasiswa Ns. Agustin Nanda, S.Kep
10 Bendahara Eldi Saifora, Amd
11 Penanggung Jawab Laboratorium Ns. Yuli Permata Sari, S.Kep
12 Penanggung Jawab Pustaka Rita Arora
13 Penelitian dan Pengabmas Kurniati Maya Sari, SKM
14 Badan Penjamin Mutu Hilda Yetti, S.Kp, M.Kep
15 Perlengkapan/Umum Zul Eva Yeni
16 Kepegawaian Eria mellys

 

Dosen Pengajar Keperawatan Akademi Keperawatan YPTK Solok; Firawati ,S. Kep. Afridon ,S.Kep. Hartini ,S.Kep. Hendri Agustian ,S.Kep. Kurniati Maya Sari Wd ,S.K.M. Dessy Syafril , Dra. Sri Andrianti ,S.Kep. Syahril ,S.K.M. Netti Herawati ,S.Kep. Asdwi Maidaliza ,S.Kep. dan dosen dari intansi lainnya.

Fasilitas Penunjang Perkuliahan

AKPER YPTK Solok mempunyai Sarana dan Prasarana milik sendiri antara lain :

Sarana: (1) Ruang kuliah 6 lokal yang dilengkapi dengan AVA, (2) Ruang serba guna yang dilengkapi dengan kursi, meja, komputer dan kipas angin, (3) Ruang tenaga pengajar yang dilengkapai lampu penerangan yang cukup dengan meja kursi, falling kabinet, kipas angin, lemari dan komputer, (4) Ruang staf administrasi yang dilengkapi dengan lemari, meja, kursi filing kabinet, kipas angin dll, (5) Ruang direktur dengan peralatan selengkapnya, (6) Ruang Pustaka dengan peralatan selengkapnya, (7) Ruang labor dengan peralatan selengkapnya, (8) Ruang Sema dengan peralatan secukupnya, (9) Ruang Sholat (Mushalla) dan peralatannya, (10) Ruang pertemuan dengan peralatan secukupnya, (11) Kamar mandi dan WC secukupnya, (12) Sarana olah raga seperti Foodsaal, Bola Volly, Bulu tangkis, Takraw dan Tenis meja, (13) 1 mobil operasional Pendidikan, (14) Grase mobil dan tempat parkir kendaraan mahasiswa, (15) Rest Area untuk istrahat mahasiswa.

Prasarana: Prasarana yang dimiliki sudah memadai hanya saja pengawasan dan pemeliharaan alat yang belum terlaksana dengan baik sehingga sering alat-alat PBM itu rusak dan sering diperbaiki dan dibeli penggantinya baru karena sering diutak atik oleh mahasiswa.

Prodi D III Keperawatan telah melaksanakan kerjasama dengan beberapa institusi kesehatan seperti RS, Puskesmas, dan Panti Sosial serta praktek bidan. Gedung Akademi Keperawatan YPTK Solok memiliki gedung sendiri dan fasiltas yang memadai serta berada di lingkungan Kota Solok, dengan rincian sebagai berikut :  Luas tanah + 7893 m2  dengan luas bangunan +  1.778 m2,, Jumlah ruang kuliah yaitu 6 lokal, Memiliki 1 buah laboratorium, 1 buah pustaka, ruang serba guna, 3 buah tempat parkir, 1 buah pos Satpam, Musholla, sarana  olah raga dan Rest Area.

Liputan : Rahma Fauzati