Intercultural School dan Universitas Harvard Berkolaborasi dalam Menghadirkan CS50x untuk Indonesia

80
Profesor ilmu komputer David J. Malan akan membagikan ilmu dan keahliannya dalam workshop khusus yang digelar di Jakarta Intercultural School Foto:

Jakarta 2 Maret 2023. Jakarta Intercultural School (JIS) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan Universitas Harvard dalam menghadirkan pelatihan khusus CS50x tentang ilmu komputer dan pemrograman. Di bawah arahan Mendikbudristek, Nadiem Makarim, kerjasama ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika (STEAM).

Logo Universitas Harvard

Kursus tingkat pemula CS50x, yang diajarkan di Universitas Harvard, dan dipimpin oleh profesor dari Harvard, David J. Malan.

“Transformasi pendidikan dimulai dari guru,” ujar Nadiem Makarim. “Kami di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkomitmen mendukung guru-guru di Indonesia melalui program inovatif di bawah kebijakan Merdeka Belajar. Melalui program pelatihan intensif selama enam bulan dari Guru Penggerak (Teacher Leader), Platform Merdeka Mengajar baru yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan guru untuk belajar dan berbagi praktik yang baik antara satu sama lain, serta program beasiswa gelar dan non-gelar, kami fokus pada peningkatan keterampilan dan kompetensi guru, termasuk dalam STEAM. Kami berterima kasih kepada CS50 karena telah mendukung komitmen kami dalam memberdayakan guru Indonesia untuk sistem pendidikan yang lebih baik dan lebih kuat.” sebutnya.

Setelah berhasil menyelesaikan kursus, guru dapat kembali memimpin pelajaran atau pelatihan di kelas mereka sendiri yang selanjutnya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis siswa mereka dalam ilmu komputer dan pemrograman.

“Kami merasa terhormat menjadi tuan rumah program ternama, seperti CS50x Harvard, di JIS sekaligus mendukung misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam mempromosikan praktek pengajaran yang efektif di Indonesia,” kata Maya Nelson, JIS Head of School. “JIS memiliki sejarah yang membanggakan dalam bekerja sama dengan institusi pemerintah dan swasta untuk berbagi inovasi terbaru dalam pengajaran. Dengan kolaborasi ini, kami tidak hanya memperkuat tradisi ini tetapi juga berperan lebih besar dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya ilmu komputer.”

Kursus tingkat pemula CS50x, yang diajarkan di Universitas Harvard, dan dipimpin oleh profesor dari Harvard, David J. Malan, menyajikan pengantar untuk ilmu komputer dan seni pemrograman. CS50x diadaptasi dari CS50, dan guru dari berbagai wilayah di Indonesia akan belajar cara berpikir algoritmik serta menyelesaikan masalah dengan dan tanpa kode, mencakup abstraksi, struktur data, rekayasa perangkat lunak keamanan, pengembangan web, dan banyak lagi.

BAHASA PEMROGRAMAN YANG DIGUNAKAN SELAMA KURSUS MELIPUTI C, PYTHON, SQL, JAVASCRIPT, CSS, DAN HTML

Setelah berhasil menyelesaikan kursus, guru dapat kembali memimpin pelajaran atau pelatihan di kelas mereka sendiri yang selanjutnya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis siswa mereka dalam ilmu komputer dan pemrograman.

Menteri Nadiem dan Profesor Malan akan memimpin diskusi yang dilanjutkan dengan presentasi Profesor Malan tentang keamanan siber untuk para tamu istimewa pada Kamis, 9 Maret, pukul 16.00-17.00 di JIS kampus Cilandak, Jakarta Selatan. (*)