Drama Ciri Khas Jurusan Bahasa Indonesia

DRAMA CIRI KHAS JURUSAN BAHASA INDONESIA

Padang, Kampusindo (29 oktober 2012), mahasiswa STKIP PGRI Sumbar tampak sibuk dengan kegiatan perkuliahan dan kegiatan organisasi. Mahasiswa jurusan matemateka tampak sibuk berkumpul di perpustakaan, memecahkan soal-soal dengan rumus matematekanya. Mahasiswa jurusan biologi tampak sibuk dilaboratorium, dan ada juga yang sibuk dilapangan mencari serangga atau tanaman. Lalu bagaimana dengan mahasiswa jurusan bahasa Indonesia?

Ya mahasiswa jurusan bahasa Indonesia tampak sibuk dengan latihan dramanya, memang pada semester ini yaitu pada semester V, mahasiswa jurusan bahasa Indonesia mengambil mata kuliah telaah drama, yang merupakan mata kuliah wajib dengan bobot empat sks. Tampak para mahasiswa sibuk membaca naskah dramanya, sutradaranya sibuk mengatur aanggotanya, para pemain menghafal naskah dan berimprofisasi sesuai dengan perannya masing-masing.

Yang menarik dari latihan drama ini yaitu seseorang dituntut untuk menjadi pribadi atau sosok yang lain, memainkan karakter yang terkadang berlawanan dengan bawaan langsung, sungguh ini merupakan tantangan yang berat. Tetapi yang sungguh-sungguh memahami karakternya itu lah pemain yang berbakat.

Di dalam drama bukan hanya bakat saja yang diminta, walaupun dia punya vocal yang bagus tetapi malas latihan itu juga tidak akan berhasil, karena keberhasilan dalam drama yaitu seseorang harus mampu memaksimalkan bakatnya dan mengikuti prosedur latihan dengan benar. Kekompakan kelompok itu adalah kunci utama kesuksesan dalam pertunjukkan drama. Drama adalah kerja kelompok bukan perseorangan, artinya antara yang satu dengan yang lain harus bahu membahu, demi kesuksesan dari pertunjukkan drama tersebut.

Organisasi harus disusun secara apit, sang sutradara harus mampu mengarahkan actor dan akrtisnya, walaupun terkadang mereka susah diatur, dan sang sutradara harus sabar menghadapi artis atau aktornya yang merasa lebih hebat dari sutradaranya. Siapa saja bisa menjadi sutradara tetapi yang memilih menjadi sutradara adalah dosen pembimbing. Tentu dosen pembimbing punya alasan tersendiri dalam memilih sutradara pada tiap-tiap kelompok.

Dosen pembimbing memperhatikan jalannya latihan drama sambil memberi intruksi kepada sutradara tiap-tiap kelompok. Karena sutradara bertanggung jawab atas kelompoknya. Latihan tampak berjalan alot, akankah dengan latihan seperti ini, mampu menempilkan hasil yang terbaik di akhir semester kelak ? entahlah, tetapi yang pasti drama merupakan ciri khas jurusan bahasa Indonesia. (*)

Oleh :
Ade Putra (10080242)
Sesi :F