Lapangan Kampus Malah Jadi Taman Bermotor

162
parkir motor - ilustrasi

Padang, Kampusindo – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidkan (STKIP) PGRI Sumatera Barat, merupakan salah satu Sekolah Tinggi Keguruan  yang cukup di minati oleh para pelajar. Kampus ini berada di jalan Gajah Mada, Gunung Pangilun. Kampus dengan lapangan yang minim ini, memiliki mahasiswa lebih kurang 10.000 orang.

Dengan kondisi lapangan kampus yang minim tentu menyebabkan kurangnya ruang gerak mahasiswa. Kampus, yang seharusnya identik dengan taman yang sejuk dan damai. dengan tujuan biar mahasiswa benar-bebar merasa nyaman berada di lokasi tersebut, tetapi malah di penuhi oleh motor-motor di bawah  teriknya sinar matahari.

Menurut Akhirman, 30 tahun (satpam sekaligus keamanan parkir), mengatakan dengan kondisi  lapangan yang minim dan motor yang banyak ini, menyebabkan parkir berantakan, susah di atur dan dia mengarapkan agar para mahasiswa saling bekerja sama dalam memanfaatkan lapangan yang minim tersebut.

Selain itu, lapangan kampus yang minim ini menyebabkan mahasiswa mengeluh. Menurut Khuratul Aini, 21 tahun mahasiswi kampus STKIP, dengan kondisi yang tidak kondusif, yaitu mahasiswa terus bertambah sedangkan lapangan semakin sempit karena didirikan gedung “mambuek awak semakin ndak nyaman, dulu pernah onda awak pacah spakbor nyo, mungkin karano parkir talalu sampik mangko kanai dek onda urang, karano awalnyo ndak ado bantuak itu do, tau-tau kan pulang e….. spakbor onda den lah pacah kiro”.

Walaupun lokasi parkir ini sempit, tetapi satpam tidak pernah mengeluh, karena hal itu memang sudah menjadi tanggung jawabnya. Namun “saya hanya berharap agar mahasiswa mentati praturan dan memparkirkan motor secara teratur, serta agar mahasiswa meninggalkan motor dalam keadaan aman dan tidak ada barang berharga seperti lelepon maupun kontak yang tertinggal”. Ujar Doni Iham (satpam seakaligus keamanan parkir).

Selain itu mereka juga berharap supaya mahasiswa berbicara sopan saat minta tolong mengeluarkan motor karena walau bagaimanapun “satpam juga manusia” ujar Deri Kuswendi (satpam seakligus keamanan parkir).

Nama: ELA YULIANTI
Npm: 10080198
Sesi: E